Kastil Kuno Terbakar Akibat Pemuda Merokok

Merokok itu berbahaya. Buktinya, gara-gara tembakau lintingan pabrik itu, dua bocah asal Slowakia dituduh jadi penyebab terbakarnya sebuah kastil kuno di Slowakia Timur, Ahad, 11 Maret 2012. Insiden ini terjadi saat dua bocah yang masing-masing berusia 11 dan 12 tahun mencoba merokok untuk pertama kalinya.
Polisi kini sedang menyelidiki ikhwal kebakaran itu. Juru bicara kepolisian Jana Mesarova, menduga penyebab kebakaran akibat pemantik api yang digunakan bocah untuk menyalakan rokok itu, ikut membakar rumput kering di sekitar Kastil.
Alhasil bangunan yang dilindungi Museum Nasional Slowakia dan ditetapkan sebagai cagar budaya oleh badan PBB UNESCO itu rusak dilalap si jago merah. Beruntung hampir 90 persen barang seni bersejarah dari Abad 19 yang tersimpan didalamnya terselamatkan.
“Atap benteng terbakar sepenuhnya, tiga lonceng kunonya meleleh,” kata pengelola museum. Kastil kuno yang terbakar itu menurut data dari Unesco merupakan bangunan peninggalan abad 14 yang sarat dengan benda seni.
Kini polisi Slowakia sedang kebingungan soal siapa yang harus dipersalahkan dalam insiden ini. Sebab dalam undang-undang pidana bocah berumur dibawah 15 tahun belum bisa dikenakan hukuman pidana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s