DPR Bentuk Tim Penyelesaian Kredit Macet UKM

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi VI DPR akan membentuk tim kecil untuk membantu kalangan usaha kecil dan menengah (UKM) korban gempa Yogyakarta yang hingga kini masih terlilit kredit macet.

Langkah ini sebagai tindak lanjut dari permintaan Gubernur DI Yogyakarya Sultan Hamengku Buwono X kepada Komisi VI DPR untuk memfasilitasi skema penyelesaian kredit macet UKM korban gempa Yogyakarta. Wakil Ketua Komisi VI DPR, Aria Bima, di Jakarta, Selasa (13/3/2012), mengungkapkan, secara internal Komisi VI DPR akan membentuk tim kecil untuk membantu penyelesaian kredit macet UKM korban gempa di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Aria, selama ini Komisi VI DPR sebenarnya memfasilitasi penyelesaian kredit macet kalangan pengusaha kecil korban gempa tersebut melalui skema penyaluran dana CSR (community and social responsibility) bank swasta atau Progam Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) bank BUMN.

Namun, hingga sekarang persoalan itu belum tuntas. Salah satu sebabnya, karena ada bank BUMN, yaitu Bank Mandiri, yang menolak menyalurkan dana CSR/PKBL untuk menutup utang para pengusaha ekonomi lemah itu.

Direksi Bank Mandiri beralasan, pihaknya tidak dapat menyalurkan dana CSR untuk UKM korban gempa lantaran terbentur aturan menteri BUMN yang melarangnya. Anggota DPR dari PDI-Perjuangan yang membidangi Perdagangan, Perindustrian, BUMN, dan UKM ini, mempertanyakan, mengapa sisa kredit macet UKM korban gempa yang tinggal tersisa Rp 2,2 miliar tidak bisa diselesaikan oleh Bank Mandiri melalui skema CSR.

“Aset mereka itu sudah hancur karena gempa, orang yang berutang juga sudah meninggal, kenapa tidak bisa dicarikan way-out-nya? Berapa keuntungan Bank Mandiri yang sudah ditarik dari masyarakat Yogya? Mengapa sebagian tidak bisa dikembalikan untuk membantu mereka yang menjadi korban gempa di sana?” kata Aria Bima.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s