Kapal Ferry Tabrak Bangkai Kapal, Ratusan Penumpang Panik

Minggu, 11 Maret 2012 00:15 wib
Penumpang KMP Manila Dievakuasi (foto: Taufik Syahrawi)

Penumpang KMP Manila Dievakuasi (foto: Taufik Syahrawi)

MADURA – Kecelakaan laut nyaris memakan korban jiwa. Sebuah kapal ferry menabrak bangkai kapal yang tenggelam di Selat Madura pada Sabtu (01/03/2012). Ratusan penumpang sempat panik. Bahkan seorang penumpang terjatuh ke laut namun berhasil diselamatkan.

Kecelakaan laut ini menimpa KMP Manila yang berlayar dari pelabuhan Ujung Surabaya  menuju pelabuhan Kamal Madura. Namun, tanpa disadari sang nahkoda, kapal tiba-tiba menabrak ujung bangkai kapal yang tenggelam di lokasi tersebut.

“Katanya rambu-rambu lokasi bangkai kapal tersebut hilang terseret arus laut. Makanya nahkoda kapal enggak tahu,” kata Yayak, salah seorang penumpang KMP Manila asal Pamekasan Madura.

Yayak bercerita, setelah menabrak, KMP Manila pun tidak bisa bergerak karena bagian bawah kapal tersangkut bangkai kapal. Bahkan menurutnya, posisi kapal sempat miring. Mengetahui hal ini,  penumpang pun panik. Seorang penumpang terjatuh ke laut. Beruntung korban berhasil diselamatkan dan langsung dievakuasi ke Rumah Sakit PHC Surabaya.

Petugas pelabuhan langsung bergerak mengevakuasi penumpang KMP Manila dengan menggunakan tugboat ke pelabuhan Kamal, Bangkalan, Madura. Saat diturunkan dari atas tugboat, sejumlah penumpang masih terlihat panik.

Bahkan beberapa penumpang anak-anak menangis. Diantara para penumpang yang dievakuasi, juga terdapat sejumlah balita termasuk seorang bayi yang masih berumur tiga minggu.

Selain menggunakan tugboat, para penumpang juga dievakuasi dengan speedboat dan kapal milik nelayan setempat. Sementara itu, belum ada konfirmasi resmi dari pihak PT ASDP Pelabuhan Kamal terkait insiden ini. Mereka menolak memberikan komentar dengan alasan harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan PT ASDP Surabaya. (tri)
(Taufik Syahrawi/Sindo TV/abe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s