Kapal Sinar Jombang Terbakar

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Kapal Sinar Jombang yang bermuatan 275 kontainer, terdiri atas bahan peledak, seperti amonium nitrat dan juga detonator, terbakar di perairan Tanjung Selatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Kebakaran terjadi Selasa (13/3/2012) sekitar pukul 02.55 dan sampai sekarang api belum bisa dipadamkan sama sekali. Lokasi kebakaran berada di tengah laut sekitar 10 mil dari Pantai Batakan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Ke-16 anak buah kapal dan delapan orang pengawal (enam anggota Brimob Kelapa Dua dan dua orang dari Polres Tanjung Priok) selamat.

Direktur Kepolisian Perairan Polda Kalsel Komisaris Besar Julius Bambang K dan Kepala Subdit Gakkum Polair Polda Kalsel Ajun Komisaris Yudi Indarto, Selasa (13/3/2012) malam, mengungkapkan bahwa upaya pemadaman terkendala jenis muatan yang mudah meledak sehingga tim yang bermaksud memadamkan tidak bisa mendekat.

Kapal yang dinakhodai Khairil Anwar tersebut sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Balikpapan, Kalimantan Timur. Isi muatannya diperkirakan hendak dipakai untuk keperluan pertambangan.

“Penyebab kebakaran belum diketahui namun api diduga berasal dari kamar mesin,” ujar Bambang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s