Keluarga Made Purnabawa Tewas Mengenaskan Dibunuh Supir Pribadi dan Istrinya Di Jembrana Bali

Hasil otopsi terhadap tiga mayat keluarga Made Purnabawa menunjukkan adanya bukti kekerasan. Ketiga korban dibunuh dengan benda tumpul. ”Bukti adanya benda tumpul itu ada di bagian kepala,” kata Kepala Bagian SMF Ilmu Kedokteran Forensik Universitas Udayana Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar Ida Bagus Putu Alit, Selasa (21/2/2012).

Tiga mayat keluarga Made Purnabawa itu ditemukan di Banjar Sumbul, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Senin kemarin. Ketiga mayat tersebut adalah Purnabawa (27), Ni Luh Ayu Sri Mahayoni (istri, 27), dan Ni Wayan Krisna Ayu Dewi (anak, 9).

Menurut Alit, tanda bekas benda tumpul itu terdapat di kepala bagian kiri (mayat Mahayoni), kepala bagian kanan (mayat Ayu Dewi), serta kepala dan wajah (mayat Purnabawa). ”Di tubuh Purnabawa juga terdapat tanda bekas perlawanan di lengannya,” kata Alit.

Kini polisi telah menduga pelaku pembunuhan itu adalah sopir keluarga Purnabawa, yaitu Heru Ardianto. Heru beserta istri dan anaknya yang juga tinggal bersama keluarga Purnabawa masih menghilang.

Keluarga Purnabawa yang tinggal di Kampial Residence, Kelurahan Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali, diduga dibunuh sopirnya sendiri. Pembunuhan diduga bermotif dendam.

Made Purnabawa (27), Ni Luh Ayu Sri Mahayoni (istri, 27), dan Ni Wayan Krisna Ayu Dewi (anak, 9) ditemukan tewas setelah menghilang satu pekan lalu. Mayat keluarga itu ditemukan di sebuah kebun di Banjar Sumbul, Desa Yehembang Kangin, Mendoyo, Jembrana, Bali, Senin (20/2/2012) pagi.

Sejak keluarga itu menghilang, sopir korban, yaitu Heru Ardianto juga. menghilang. Heru menghilang bersama istri dan anaknya. Istrinya merupakan pembantu keluarga Purnabawa.

“Pelaku kami duga adalah orang yang tinggal bersama mereka (sopir), ” kata Kepala Kepolisian Resor Kota Denpasar Komisaris Besar I Wayan Sunartha, Senin malam setelah menerima hasil otopsi mayat Purnabawa di ruang jenazah Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar, Senin malam.

Polisi menduga pelaku sudah berada di luar Bali. Mobil milik korban diperkirakan juga sudah dibawa pelaku. Ketika keluarga Purnabawa diketahui menghilang, satu unit mobil, dan dua unit sepeda motor milik korban juga lenyap. Hasil otopsi terhadap tiga mayat yang ditemukan di Banjar Sumbul, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Bali, menunjukkan bahwa mereka meninggal karena dibunuh. Dua dari tiga mayat diidentifikasi sebagai keluarga yang dilaporkan hilang msiterius.

“Mereka kami pastikan dibunuh,” kata Kepala Polres Kota Denpasar Komisaris Besar I Wayan Sunartha, Senin malam. Pembunuhan itu diperkirakan terjadi sepekan lalu.

Mayat yang teridentifikasi itu adalah mayat Made Purnabawa (27) dan istrinya, Ni Luh Ayu Sri Mahayoni (27). Mayat pasangan suami istri itu ditemukan dalam kondisi bertumpuk di sebuah kebun.

Sementara mayat anak perempuan yang berada sekitar 10 meter dari kedua mayat tersebut belum dapat diidentifikasi. Alasannya, kepala korban sudah hancur dan berada sekitar 2,5 meter dari tubuhnya. “Kami akan tes DNA dulu,” kata Sunartha.

Keluarga Made Purnabawa diketahui menghilang sejak awal pekan lalu. Purnabawa memiliki seorang anak perempuan berusia 9 tahun, yaitu Ni Wayan Krisna Ayu Dewi.

Hilangnya keluarga Purnabawa juga diikuti dengan hilangnya sopir mereka, yaitu Heru Ardianto. Istri dan anak Heru juga menghilang.

Tiga mayat yang ditemukan di Banjar Sumbul, Desa Yeh Embang, Kecamatan Mendoyo, Senin (20/02/2012) sekitar pukul 07.00 WITA pagi tadi, seluruhnya dalam kondisi mengenaskan. Tubuh ketiga korban sudah membusuk, bahkan mayat anak kecil ditemukan di dalam jurang dengan kondisi tidak utuh.

“Satu mayat diidentifikasi laki-laki dewasa, satu wanita dewasa dan seorang lagi anak kecil perempuan. Semuanya sudah membusuk dan anak kecil ditemukan sekitar 8 meter di dalam jurang,” ujar Kabag humas Polres Jembrana, AKP Wayan Setiajaya Senin siang.

Saat ini aparat Polsek Kuta Selatan yang menangani kasus keluarga hilang sudah berada di Jembrana untuk mencocokkan ciri-ciri ketiga mayat dengan keluarga yang tinggal di Kampial Residence tersebut.

“Mayat akan diantar petugas Polsek Kuta Selatan dan akan dibawa ke RS Sanglah untuk diotopsi,” jelas Setiajaya. Dari olah TKP, polisi menemukan sebuah telepon genggam, remote, dan selimut di sekitar mayat korban. “Barang bukti ini akan diperiksa oleh Labfor,” imbuh Setiajaya.

iga mayat yang ditemukan di Banjar Sumbul, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Senin (20/2/2012) pagi, sudah tiba di ruang jenazah Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar, sekitar pukul 20.00 wita.

Tiga mayat tersebut kemudian dibawa satu per satu ke ruang otopsi. Otopsi dilakukan untuk memastikan bahwa ketiga mayat tersebut merupakan mayat dari keluarga Made Purnabawa di Kampial Residence, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Bali.

Keluarga Made Purnabawa (27) menghilang secara misterius sejak awal pekan lalu. Purnabawa hilang bersama istri dan anaknya, Ni Luh Ayu Sri Mahayoni (27) dan Ni Wayan Krisna Ayu Dewi (9). Heru Ardianto, sopir Purnabawa, beserta istri dan anaknya, Ni Putu Anita dan Agus, juga ikut menghilang.

Senin pagi sekitar pukul 07.00 wita, seorang petani menemukan tiga mayat yang terdiri mayat pria dewasa, perempuan dewasa, dan anak perempuan usia 9 tahun.

Saat penyerahan mayat tersebut tampak beberapa tetangga dan kerabat Made Purnabawa. Meski demikian, polisi belum dapat memastikan bahwa ketiga mayat itu adalah keluarga Purnabawa. Namun, dalam catatan medis penyerahan mayat itu, tertulis nama Purnabawa, istri, dan anaknya.

“Otopsi kira-kira berlangsung dua jam,” kata Kepala Bagian Humas Polda Bali Komisaris Besar Hariadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s