Nasib Guru Honerer Tunggu Sebulan Lagi

Rabu, 22 Februari 2012 15:44 wib
Azwar Abubakar (Foto: Dok Okezone)

Azwar Abubakar (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menyatakan pihaknya tengah menggodok peraturan tentang pengangkatan guru honorer menjadi pengawai negeri sipil.

Menurutnya memang tidak semua guru honorer diangkat menjadi PNS sebab mereka harus kembali mengikuti tes seleksi kompetensi untuk diangkat menjadi PNS. Selain itu masa bakti guru honorer juga menjadi pertimbangan untuk pengangkatan.

“Saya enggak langsung serahkan ke presiden. Tanda tangan dulu baru ke kementerian terkait, Kemenkeu, Kemendagri, Setneg dan lalu presiden. Kita kasih sebulan lah waktunya. Kisi-kisinya memang kita akhirnya bisa menerima kesepakatan dengan DPR. Ini yang terakhir, tapi tidak semuanya. Harus ada seleksi kompetensi baik kompetensi dasar maupun bidang, jadi harus ada tes. Kemudian memperhatikan lama masa aktif. Ini tetap harus yang sebelum 2005,” ujar Azwar kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Sementara persoalaan pembatasan jenjang akan dikaji kembali. “Ini yang harus dilihat lagi,” kata dia. Menurut dia, pihaknya harus menghitung kembali jumlah guru honorer. “Jumlah honerer masih harus kita hitung lagi. Jumlah ini masih jumlah umum saja. Belum ada alamatnya mana, namanya siapa. Kita minta data itu dilengkapi lagi,” kata dia.

“Tapi kalau saya bicara ini soal buying time, tidak. Jadi kita sekali lagi nanti bersedia ditempatkan di tempat kosong, kadang-kadang banyak guru honorer menumpuk di tempat yang penuh, jadi tidak semuanya ditempat yang diperlukan,” imbuhnya.

Menurutnya, diperkirakan dalam sebulan pembahasan tersebut selesai. “Satu bulan,” tegasnya.

Namun, saat ditanya apakah pembahasan ini merupakan kabar baik bagi guru honorer menurutnya hal itu proporsional saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s