Penggunaan Pertamax di Kaltim Menurun

Jum’at, 9 Maret 2012 20:01 wib
 0  0 Email0
Ilustrasi. Foto: Heru Haryono/okezone

Ilustrasi. Foto: Heru Haryono/okezone
BALIKPAPAN – Penggunaan pertamax di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami tren penurunan seiring dengan naiknya harga minyak dunia.

“Di Kaltim 2011, pada Desember pemakaianya sebanyak 1.530 kiloliter (kl), Januari 2012 menjadi 1.422 kl, dan Februari 2012 ini turun lagi menjadi 1.347 kl,” ujar Manager eksternal Upms Pertamina Kalimantan Bambang Irianto, Jumat (9/3/2012).

Bambang juga menegaskan bahwa kenaikan harga BBM yang kini tengah disiapkan pemerintah tidak serta merta menjamin kemudahan memperoleh BBM di SPBU-SPBU.

“Karena kita mengeluarkan BBM sesuai dengan kuato yang ditentukan pemerintah dan DPR. Jadi masyarakat jangan beranggapan nantinya memperoleh BBM tidak antre atau lebih mudah,” teranganya.

Dia mencontohkan di Ketapang Kalbar, antrean BBM sudah mencolok bahkan tiap pagi ibu-ibu rumah tangga mengantre dengan kendaraan tanki besar mengantre BBM.

“Itu motornya dijejer tiga saf setelah itu ditinggal sampai SPBU buka. Ternyata mereka motornya banyak sewa untuk mendapat bensin yang jual kembali,” ujarnya.

Dengan kenaikan BBM ini diharapkan ada peralihan dari masyarakat mampu menggunakan pertamax. Diakui jika perbedaan harga BBM dengan pertamax harga pasaran ini makin sedikit, maka kemungkina orang beralih menggunakan pertamax akan bertambah.

“Kan selisihnya hanya Rp3.000 saja bagi pengguna kendaraan pribadi mewah akan memilih menggunakan pertamax, tapi ini lagi-lagi harus melihat harga pasaran minyak mentah dunia yang sekarang sudah melebihi USD100 per barel,” ujarnya. (ade)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s