Polda Metro Jaya periksa Habib HJA

Pimpinan majelis taklim Nurul Mustofa, Habib HJA, akhirnya memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Polda Metro Jaya, Senin (12/03) terkait laporan pelecehan seksual yang diduga melibatkan dirinya.

“Sekarang yang bersangkutan sedang diperiksa,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto kepada wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, Senin (12/03) sore, melalui telepon.

Didampingi kuasa hukumnya, Habib HJA menggunakan kemeja berwarna putih. Dia tidak bersedia menjawab pertanyaan wartawan saat menuju ruang pemeriksaan.

“Tanya saja sama kuasa hukum saya,” katanya.

Pekan lalu, HJA mangkir dari panggilan pemeriksaan karena alasan sibuk.

Menurut Rikwanto, HJA diperiksa setelah ada pengaduan sebelas orang — berusia antara 12 sampai 22 tahun –yang mengaku bekas murid HJA di majelis taklim tersebut.

“Ada beberapa jemaahnya (muridnya) yang merasa diperlakukan secara tidak senonoh… mereka melaporkan ada pelecehan seksual,” ungkap Rikwanto.

Dalam laporan yang diterima Polda Metro Jaya, kejadian itu terjadi antara 2006 sampai 2011 lalu.

“Mereka kadang-kadang dipanggil satu-persatu (untuk) diajarkan sesuatu atau pengobatan spiritual. Nah, di situlah (kemudian) ada pelecehan seksual,” ungkap Rikwanto, mengutip keterangan para pelapor.

“Ada 11 orang (bekas murid Habib HJA) yang melapor,” katanya lagi.

Sejauh ini penyidik Polda Metro Jaya telah menyita barang bukti berupa telepon genggam milik pelapor yang disebutkan berisi rekaman pembicaraan antara korban dan HJA.

Pengaduan kasus ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada akhir 2011 lalu, dan belakangan persoalan ini menjadi sorotan masyarakat setelah para pelapor mengadu ke Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia, Februari silam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s