Tips Joging Dengan Nyaman

Berbagai manfaat olahraga lari mungkin sudah Anda ketahui. Namun, Anda juga perlu mengetahui berbagai hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum melakukannya. Tujuannya, agar Anda tidak cedera saat lari.
Sekali pun ini olahraga paling gampang dan murah, risiko juga tidak lepas dalam pelaksanaan. Untuk itu, cobalah berbagai hal berikut ini saat Anda jogging:

Variasi gerakan. Kondisi yang stagnan dalam lari membuat Anda bosan dan berisiko cedera otot. Kombinasikan dengan berlari pada jalan rata dan tanjakan, variasi kecepatan berlari, jarak tempuh, dan lamanya Anda berolahraga. Hal ini menjadikan tubuh Anda semakin tangguh menghadapi berbagai kondisi.
Menggerakkan semua badan. Jangan hanya kaki saja yang Anda manjakan dengan latihan, bagian tubuh lain juga perlu untuk Anda kuatkan. Caranya, di sela berlari, gerakkan tubuh Anda. Misalnya dengan mengayunkan lengan, menggerakkan bahu, dan sebagainya. Nantinya terjadi keseimbangan untuk otot Anda sehingga terhindar dari nyeri atau sakit otot.

Pemasanasan. Gerakan ringan sebelum berlari menjadikan tubuh bisa beradaptasi dengan gerakan berat. Otot lebih fleksibel dan menghindari cedera. Pemanasan terutama difokuskan mulai dari panggul, paha belakang, punggung bawah, dan bahu.

Tidak memaksakan diri. Tidak perlu berlebihan untuk jogging. Olahraga berat selama tiga kali seminggu itu sudah menguras kekuatan otot. Izinkan tubuh Anda memulihkan diri sebelum memulai lagi untuk berolahraga. Atau, kalau masih mau olahraga, pilihlah olahraga ringan. Beberapa tips tersebut semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s